Gunung Sumbing Jalur Kaliangkrik

Satu lagi jalur yang bisa digunakan untuk pendakian Gunung Sumbing yaitu jalur Kaliangkrik. Terletak di wilayah Magelang, Kecamatan Kaliangkrik. Pos pendakian berada di desa Butuh.

Bagaimana untuk menuju kesana?

Dari arah Magelang kita bisa menggunakan bus jurusan Magelang-Kaliangkrik, ongkos sekitar 5-7ribu. Jika bus tidak banyak berhenti maka dalam waktu 45menit kita bisa sampai di Pasar Kaliangkrik. Usahakan kita kesana pada hari pasaran, yaitu Legi dan Kliwon. Karena angkutan menuju desa Butuh hanya tersedia saat hari pasaran itu, biasanya menggunakan mobil pick up. Ongkos angkutan sekitar 3-5ribu. Diluar hari pasaran kita bisa menggunakan jasa ojek, tarif sekitar 15-20ribu.

Pos Lapor Pendakian

Sesampainya di desa Butuh kita wajib lapor ke Kepala Dusun, Bapak Mukhsinun. Disini sebaiknya kita istirahat sebentar untuk menyesuaikan diri dengan suhu sekitar. Karena desa Butuh berada di ketinggian 1700 MDPL. Biasanya kita tidak akan dipungut biaya apapun, hanya mencatatkan nama di buku tamu.

Mulai Pendakian

Jika kita belum pernah melewati jalur Kaliangkrik, sebaiknya kita cari informasi dulu via internet atau teman yang sudah pernah melewati jalur ini. Banyak persimpangan yang sering membuat pendaki tersesat. Di awal perjalanan kita akan berjumpa dengan penduduk lokal yang sedang mencari kayu bakar, sebaiknya bertanya jalur pada mereka.

POS I

Setelah keluar dari desa Butuh, kita akan disuguh dengan jalan yang berundak sampai ketinggaian 2500 Mdpl. Waktu tempuh kurang lebih adalah 2 jam perjalanan. Di POS I terdapat gubuk kecil yang bisa digunakan untuk istirahat.

Persimpangan Jalan

Dari POS I jalan akan sedikit mendatar dan melewati beberapa punggungan dan sungai. Jika sedang musim hujan sungai sungai ini akan menampilkan panorama yang sangat indah, yaitu "Air Terjun Berundak". Untuk mencapai persimpangan jalan itu kita akan melewati 6 sungai, kadang ada air mengalir kadang juga tidak. Di Sungai ke enam ini ada 2 jalur, satu berbelok ke kiri agak menanjak, satunya tetap datar melewati sungai. Jalur yang berbelok ke kiri dan menanjak itulah yang harus kita lewati untuk menuju kawah Gunung Sumbing. Sedangkan jalur satunya adalah jalur pencari kayu.
Puncak Gunung Sumbing

Kawah Gunung Sumbing

Dari persimpangan tadi diperlukan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di Kawah Gunung Sumbing. Sebelum kawah kita akan disuguhi padang savana indah yang diapit tebing di kanan dan kirinya, dari sini berarti kawah sudah tidak jauh lagi. Sebelum kawah kita juga akan menemukan persimpangan ke kanan dan kiri, arah kanan akan membawa kita ke kawah Gunung Sumbing yang memiliki diameter 800 meter, arah kiri akan membawa kita ke Puncak, namun bukan puncak sejati Gunung Sumbing. Sebaiknya kita mendirikan tenda disekitar kawah, karena tempatnya yang datar dan pemandangannya indah, keesokan harinya kita bisa menikmati Sunrise dari puncak.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bang mau tanya, dari pasar kaliangkrik k desa butuh (pos lapor) kira" berapa km??

    BalasHapus

Anda bebas untuk berkomentar. Komentar anda sangat berharga bagi kami. Jangan lupa follow kami @ePendaki
juga facebook kami Pendaki Indonesia

Terimakasih